Rabu, 23 Oktober 2013

Yang Ingin Disuarakan oleh #SaveGumuk

1382407128725914864
#SaveGumuk

Save Gumuk, acara yang digawangi oleh muda mudi Jember ini seperti tak ingin berhenti bergeliat. Setelah sukses menggagas acara mandiri bertajuk #SaveGumuk pada tanggal 28 September 2013 yang lalu (bertempat di Gumuk Gunung Batu - Jember), disusul kemudian dengan acara diskusi #SaveGumuk - Cangkruk Bareng Arek-Arek EXPA SMAN 1 Kalisat. Acara #SaveGumuk kedua yang digelar pada 12 Oktober 2013 ini juga dibarengi dengan pagelaran seni karya dari Sispala EXPA Kalisat.

1382408163853549299
Jember Fashion Tembakau

Ohya, sehari setelah digelar acara diskusi Save Gumuk di Kalisat, esoknya gantian kawan-kawan IMPA AKASIA Fakultas Hukum Universitas Jember menggelar acara Seminar bertajuk, Perlindungan Hak Inanimatif di Wilayah Pertambangan. Adapun biaya Pendaftaran Seminar Advokasi “Perlindungan Hak Inanimatif di Wilayah Pertambangan” tersebut sebesar 5000 rupiah dan diserahkan seluruhnya untuk kegiatan pengumpulan koin #SaveGumuk. Total dana yang diperoleh dari kegiatan IMPA AKASIA tersebut sejumlah Rp. 1.150.000,-

13824105082069887218
Seminar ‘Perlindungan Hak Inanimatif di Wilayah Pertambangan’ Pada 13 Oktober 2013

Apa Sih Acara Save Gumuk Itu?
Sebenarnya ini sudah saya jelaskan di tulisan sebelumnya berjudul Save Gumuk.
Jadi begini. Kota Jember memiliki Sumber Daya Alam bernama Gumuk. Bentuknya bisa dikatakan sama seperti gumuk-gumuk yang ada di kota lain. Namun menurut para ahli, gumuk di Jember memiliki tipe dan kandungan yang berbeda. Tapi saat ini saya tidak sedang berhasrat untuk menjlentrehkannya. Ada yang lebih penting, yaitu fungsi gumuk bagi masyarakat Jember secara luas.
Jika dilihat dari bentang alamnya, Jember ada diantara dua gunung besar, Argopuro dan Raung. Di sebelah selatan, kota ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Logikanya, Jember ada di zona potensi bagi terpaan angin. Jika tidak ada pemecah atau penetralisir angin, maka hal tersebut akan menjadi bahaya laten tersendiri bagi masyarakat Jember. Kabar baiknya, Jember memiliki pemecah angin alami, itulah gumuk. Bentuknya yang seperti bukit, terhampar dari utara hingga selatan, adalah keuntungan tersendiri. Saya pernah juga menuliskannya di kompasiana, berjudul; Gumuk di Jember: Pemecah Angin yang Alami.

Melihat betapa pentingnya keberadaan gumuk dari sisi ekologi, sosial, budaya, ekonomi, dan pengetahuan, mendorong muda mudi Jember menggagas acara #SaveGumuk. Ini bukan acara yang pertama, hanya melanjutkan tongkat estafet yang pernah digagas oleh generasi sebelumnya. Ya, tidak ada yang baru di bawah sinar mentari. Bagi saya, semakin banyak acara serupa, semakin bergizi.

Fungsi Gumuk Selain Sebagai Penetralisir Angin
Apakah fungsi gumuk hanya sebatas pemecah dan penetralisir angin? Tentu saja tidak. Gumuk bermanfaat untuk dijadikan zona tamasya yang murah dan terjangkau. Di sini juga hidup berbagai macam plasma nutfah sebagai penyangga ekosistem.
Kadang kita sering melupakan bahwa gumuk adalah penyimpan air dalam jumlah galon yang besar. Bisa dikatakan, gumuk adalah galon air raksasa yang siap mensejahterakan masyarakat dan lingkungannya. Sayang, yang terjadi di lapangan tidak demikian. Sudah menjadi rahasia umum jika Jember mulai bermasalah dengan air. Entah itu pencearan, entah itu kekurangan air. Aneh ya, di wilayah dimana gumuk berceceran, masih saja ada cerita seperti itu.

Yang Ingin Disuarakan Oleh #SaveGumuk
Jika dirangkum, hanya ada dua poin yang ingin disuarakan oleh #SaveGumuk.
1. Sosialisasi tentang manfaat keberadaan gumuk
2. Pengumpulan koin untuk (membeli) gumuk.
Ya, manfaat gumuk (terutama dari sisi ekologi) harus disosialisasikan pada khalayak. Jika tidak, maka yang terjadi adalah eksploitasi secara membabi buta. Sampai detik ini, kegiatan #SaveGumuk menghindari untuk menyalahkan pemilik gumuk yang mengeksploitasi gumuk miliknya hingga rata dengan tanah. Ada yang lebih diutamakan, apalagi kalau bukan sosialisasi. Bentuk sosialisasi bisa berupa pengadaan diskusi seperti yang selama ini sudah dilakukan, atau disosialisasikan secara gerilya, dari mulut ke mulut. Memang terdegar tidak efektif lagi melelahkan. Setelah dicoba, ternyata tidak juga.

Koin Untuk Gumuk
Bagaimana dengan koin untuk gumuk? Kenapa ‘membeli gumuk’ dirasa penting oleh muda mudi Jember? Sebabnya adalah karena rata-rata gumuk yang ada di Jember dimiliki oleh perseorangan. Logikanya, si pemilik gumuk memiliki hak penuh untuk melakukan apa saja pada gumuk miliknya.
Jika masih belum ada aturan yang transparan mengenai pelanggaran hak privat yang disalahgunakan secara berlebih hingga merugikan masyarakat, maka dirasa penting untuk melakukan proses ‘iuran kolektif’ untuk pembelian gumuk. Dengan harapan, muncul embrio-embrio lain yang melakukan gerakan yang sama. Atau yang lebih keren lagi, penyelenggara daerah turut aktif menggagas aturan sederhana ini. Itu akan membuat para muda yakin bahwa gumuk sudah baik-baik saja, hingga tak perlu lagi ada acara semacam #SaveGumuk :)

Setelah Berhasil Membeli Gumuk, Lalu Apa?
Ini adalah pertanyaan yang akhir-akhir ini semakin populer di kalangan kawan-kawan Jember sendiri. Setelah berhasil membeli gumuk, lalu apa? Bagaimana dengan status kepemilikan tanahnya? Apakah nantinya sertifikat tersebut atas nama rame-rame? Jika demikian, tentunya yang terdaftar dalam sertifikat bisa lebih dari 50 orang, karena pembelian tersebut dilakukan secara kolektif. Jika salah satu dari mereka meninggal dunia, maka akan menjadi sebuah kerepotan tersendiri.
Jika diwakafkan, bagaimana? Bukankah itu akan aman dari sisi ekonomi? Dalam artian, daya tawar pada tanah wakaf sudah tidak ada lagi alias nol rupiah. Namun, ketika tanah itu kita wakafkan, maka kita sudah tidak memiliki hak lagi untuk ikut campur. Apabila yang diberi kuasa untuk mengelola tanah wakaf tidak seperti yang kita harapkan, maka ini adalah masalah baru.
Bagaimana jika gumuknya dibeli dan dibuat akta pelepasannya kepada negara atau kepada pemda? Bukankah ini juga solusi? Adapun keuntungannya, biaya-biaya pemeliharaan termasuk pajak (PBB/retribusi) dan lain-lain, ditanggung oleh pemda atau negara. Sayang sekali, politik seringkali mempengaruhi kebijakan. Mungkin saja kepemilikan oleh pemerintah tsb dilakukan ruislag atau dibuat perubahan peruntukan.
Kabar baiknya, sejak semula #SaveGumuk sudah memberi garis batas akan hal ini. Saya rasa, dalam hal #SaveGumuk, netral memang jauh lebih indah.
Menyadari akan keruwetan yang akan terjadi, saya kira sudah waktunya kegiatan #SaveGumuk melirik pakar di bidang pertanahan untuk mengurusi hal ini (pemilikan tanah oleh badan hukum) secara profesional. Untuk itu, sampai detik ini, kawan-kawan Jember berkonsultasi dengan Ibu Irma Devita, seorang Notaris/PPAT yang tinggal di Jakarta.

Penutup
Dalam kegiatan #SaveGumuk, pembelian gumuk adalah poin kedua. #SaveGumuk lebih mendahulukan sosialisasi (dari berbagai sisi) karena dirasa sudah tidak ada waktu lagi untuk menunda kesadaran kritis kita akan betapa pentingnya keberadaan gumuk, dan SDA-SDA lain di sekitar kita.
Total uang ‘koin untuk gumuk’ yang ada hingga hari ini (dari penjualan kaos, donasi, dan sebagainya) adalah sejumlah Rp. 5.750.000,-. Memang masih jauh dari harga gumuk. Kami yang di Jember masih butuh banyak doa. Doakan semoga kami bisa dan tidak lelah. Terima kasih.

Salam saya, RZ Hakim

 
Diambil dari http://green.kompasiana.com/penghijauan/2013/10/22/yang-ingin-disuarakan-oleh-savegumuk-601267.html?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar